NETBEANS


 
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.

NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
  1. Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  2. Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  3. Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  4. Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  5. Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah

Awal Sejarah Netbeans

NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (kata bermain pada Delphi ), Java IDE proyek mahasiswa di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Charles University di Praha . Pada tahun 1997 Staněk Romawi membentuk perusahaan sekitar proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Komunitas NetBeans sejak terus tumbuh, berkat individu dan perusahaan yang menggunakan dan berkontribusi dalam proyek ini.


Versi Lancar

NetBeans IDE 6.0 memperkenalkan dukungan untuk mengembangkan modul IDE dan aplikasi klien kaya berdasarkan platform NetBeans, Java Swing GUI builder (sebelumnya dikenal sebagai “Proyek Matisse”), meningkatkan CVS dukungan, WebLogic 9 dan JBoss 4 dukungan, dan perangkat tambahan banyak editor. NetBeans 6 is available in official repositories of major Linux distributions. NetBeans 6 tersedia dalam repositori resmi dari distribusi Linux utama.
Selain itu, NetBeans Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi Java EE 5 perusahaan, termasuk SOA alat desain visual, skema XML tools, web orkestrasi layanan (untuk BPEL), dan UML modeling. The NetBeans IDE Bundle for C/C++ supports C/C++ development. The NetBeans IDE Bundle untuk C / C + + mendukung C / C + + pembangunan.
Hosting pengembang sumber terbuka proyek di kenai.com tambahan manfaat dari instant messaging dan pelacakan masalah integrasi dan navigasi kanan dalam IDE, dukungan untuk pengembangan aplikasi web dengan PHP 5.3 dan kerangka Symfony, dan kode selesai diperbaiki, layout, petunjuk dan navigasi dalam proyek JavaFX.
dirilis pada bulan Juni 2010, menambahkan dukungan untuk OSGi , Spring Framework 3.0, Java EE injeksi ketergantungan (JSR-299), Zend Framework untuk PHP , dan navigasi kode lebih mudah (seperti “Apakah / ditimpa Penerapan” penjelasan), format , petunjuk, dan refactoring di beberapa bahasa.

Fungsi Java Netbeans

Fungsi Java Netbeans IDE sendiri adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Desktop, contoh dari aplikasi netbeans adalah seperti aplikasi yang ada di toko toko sembako. selain untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Netbeans juga digunakan oleh programer untuk mencompile, linker, debugger DLL. karena IDE sendiri secara global berarti “editor”. IDE adalah sebuah lingkungan terintegritas yang menyediakan semua kebutuhan programer.

Fitur Java Netbeans
fitur – fitur yang terdapat pada Netbeans antara lain:
  • Smart Code Completion, untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  • Bookmarking, fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  • Go to commands, fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  • Code generator, jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  • Error stripe, fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.

Kekurangan Dan Kelebihan Java Netbeans
setiap bahasa pemrograman mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing, begitu juga dengan kerumitannya. ada banyak orang yang banyak mempelajari Java dengan mudah, tetapi tidak sedikit juga orang yang kesulitan dalam mempelajarinya. terlepas dari pro dan kontrak tersebut disini saya akan memberitahu anda kelebihan dan kekurangan Java Netbeans agar bisa memotivasi teman teman untuk mempelajarinya tanpa peduli susah atau mudah.

1. Kelebihan

  • Multiplatform, kelebiahan utama dari Netbeans adalah dapat dijalankan di berbagai platform / sistem operasi komputer. jadi programmer hanya menulis programnya sekali dan mengcompilenya (mengubah dari bahasa yang dapat dimengerti manusia ke bahasa mesin / bytecode) maka program dapat di jalankan di berbagaimacam platform tanpa adanya perubahan.
  • OOP (Object Oriented Programming), adalah program berorientasi objek, yang artinya semua aspek yang berada di java adalah objek.
  • Tidak Hanya Menggunakan Bahasa Java, selain bahasa pemrograman Java, Netbeans juga dapat menjalankan bahasa pemrograman lain seperti C/C++, PHP, HTML dll.
  • Gratis, aplikasi ini juga disediakan oleh SUN Microsystem secara gratis dengan banyak plugin yang juga gratis yang kamu dapat download di situs resminya atau melelui pihak ketiga.

2. Kekurangan

  • Penggunaan Memori Yang Banyak, dari segi sumber daya Netbeans memerlukan sumber daya yang bersar seperti Memory dan ruang HDD.
  • Mudah Didekompilasi, Didekompilasi yaitu proses mengembalikan dari kode jadi menjadi kode sumber.
  • Hanya Support 1 Pengembangan Java GUI, NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup  
     
 LANGKAH NETBEANS SETING PATH PADA JAVA

1.        1. Langkah pertama
·         Instal dulu file jdk,jre, java dan netbeans
                  ·-        Kemudian untuk setingan path untuk java supaya pada saat di run bisa berjalan                 
                   -     Klik kanan pada my komputer lalu klik propetis


1.      2.  Langkah kedua
·  -      Klik anvaced seting
 
1.      3. Langkah ketiga
·         Klik enviroment variable
 
2.       4. Langkah keempat
·         Masuk local file C masuk lagi ke program  file masuk ke java lalu pada jdk dan masuk ke file bin
·         Lalu copy alamat file tersebut

 

3.      5. Langkah kelima
·         Klik path lalu edit
·         Lalu alamat tersebut di tempel  pada variable value lalu ok
 
4.      6. Langkah keenam
·         Untuk mengecek apakah java sudah bisa di pakai atau tidak
·         Terlebih dahulu kita masuk cmd(command promnt)
·         Lalu ketik “java –version”
·         Ketika muncul versi javanya terus terdapat kata runtime tandanya java sudah terhubung pada komputer anda dan bisa di gunakan.
    INILAH TAMPILAN AWAL NETBEANS

  


CONTOH PEMOGRAMAN PADA NETBEANS

SCRIPT :
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
public class post2 {
    public static void main(String [] args) throws IOException{
        BufferedReader buka= new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        String temp= null;
        String nama,kelas,nim,alamat,no;
        System.out.print("Masukan Nama Anda :");
        nama = buka.readLine();
        System.out.print("Masukan NIM Anda :");
        nim = buka.readLine();
        System.out.print("Masukan Kelas Anda :");
        kelas = buka.readLine();
        System.out.print("Masukan Alamat Anda :");
        alamat = buka.readLine();
        System.out.print("Masukan No.Hp Anda :");
        no = buka.readLine();
       
        System.out.println("NAMA :"+nama);
         System.out.println("NIM :"+nim);
           System.out.println("Kelas :"+kelas);
             System.out.println("Alamat :"+alamat);
               System.out.println("No.Hp :"+no);
    }
   
}

OUTPUT :








SUMBER :
         -  https://bahasapemogramanword.wordpress.com/definisi-java-netbeans
         -  fahrun-it.blogspot.com/2013/05/pengertian-netbeans.html
         -  www.freakprogrammer.com 

Komentar

Postingan Populer