JAVA
PengertianJava
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Bahasa Pemrograman Java ini berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming), dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Dengan slogannya “Write once, run anywhere”.
Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose).
Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek. Contoh Pemisalan Objek dalam OOP :
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, Laptop punya status (jumlah baterai, jumlah ram, sebuah layar) dan perilaku (mengeksekusi, menonton, mengerjakan).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.
Sejarah Java
Bahasa ini resmi rilis pada tahun 1995, dan sebelum itu mengalami banyak perubahan sampai menjadi bahasa pemrograman yang utuh.
Pada tahun 1991, dibentuknya suatu tim yang diberi nama “Green”.
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan bagian dari Oracle..
Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven), namun produk ini gagal dipasaran.
Setelah itu dibuat produk yang baru yang menjadi cikal bakal Java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “Oak“ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling), tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama “Oak” telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya.
Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.
Definisi dan
Pengertian
Java
merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi objek (OOP
- Object Oriented Programming) yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems sekitar
tahun 1995 dan dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (multiplatform).
Java dapat membuat berbagai jenia aplikasi dekstop, web, mobile dan lainya.
Pada bahasa
pemrograman berorientasi objek, status yang bahasa pemrograman yang biasanya
disimpan sebagai variabel dan perilaku di implementasikan sebagai method.
Software
Yang Digunakan
Software
yang dibutuhkan untuk membuat program Java antara lain :
- Java Development Kit .
- Text Editor untuk menuliskan baris kode program misalnya Notepad, Notepad++, Jcreator, Eclipse, Netbeans dan lain sebagainya.
Struktur Program Java
Struktur
program java adalah sebagai berikut :
//Komentar
program
Deklarasi package dan import (import java.io.*;)
public class NamaKelas {
<pernyataan>
}
Deklarasi package dan import (import java.io.*;)
public class NamaKelas {
<pernyataan>
}
Elemen Dan Fungsinya :
- Komentar
Untuk
memberikan suatu keterangan yang akan menjelaskan isi dari program secara
singkat. Komentar hanya sebuah tulisan pada program dan tidak akan diproses
oleh komputer. Bertindak sebagai dokumentasi.
- Identifier
Merupakan
elemen nama yang dibuat sendiri oleh programmer. Digunakan dalam : tipe data
buatan, label, variabel, konstanta, program, unit, field dari record, prosedur
dan fungsi.
- Keywords (Kata kunci)
Kata yang
mempunyai makna khusus sebagai kata tercadang. Tidak boleh dipakai untuk nama
label, tipe, variabel, konstanta, prosedur & fungsi, field dari record,
program & unit.
- Input dan Output
Input adalah
masukkan berupa nilai ke sistem komputer. Output adalah Keluaran berupa nilai
pada perangkat output seperti monitor, printer, atau LCD proyektor.
- Tipe Data
Variabel
disimpan pada memori utama tetapi komputer harus mengetahui jenis data yang
akan disimpan. Jenis data yang berbeda akan diterjemahkan berbeda oleh sistem
komputer.
- Variabel dan Konstanta
Variabel
adalah simbol digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada dapat
berubah-ubah. Konstanta merupakan variabel yang digunakan untuk menyimpan suatu
nilai yang tidak dapat diubah-ubah.
- Operator
Merupakan
simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data
(operand). Operator yang digunakan dalam pemrograman adalah assignment,
arithmetic operators, relational and equality, Logical, conditional, dan
bitwise.
Pengertian Prosedur, Fungsi, dan Method
Prosedur,
Fungsi, dan Method itu sama.
Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang
tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai dengan kata kunci void.
Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang
mengembalikan nilai.
Method adalah fungsi yang berada di dalam
Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP.
Untuk
memudahkan, mari kita sebut semuanya fungsi.
Cara Membuat Fungsi di Java
Fungsi harus
dibuat atau ditulis di dalam class.
·
Kata kunci
static
,
artinya kita membuat fungsi yang dapat dipanggil tanpa harus membuat
instansiasi objek.
·
TypeDataKembalian
adalah tipe data dari nilai yang dikembalikan setelah fungsi dieksekusi.
·
namaFungsi()
adalah nama fungsinya. Biasanya ditulis dengan huruf kecil di awalnya. Lalu,
kalau terdapat lebih dari satu suku kata, huruf awal di kata kedua ditulis
kapital.Cara Memanggil/Eksekusi Fungsi
Setelah kita membuat fungsi, selanjutnya kita akan mengeksekusi fungsinya.Fungsi dapat dipanggil dari fungsi
main
atau dari fungsi yang
lainnya.
Contoh
pemanggilan fungsi dalam dalam funsgi main:
public static void main(String[] args){
ucapSalam();
}
Maka akan
menghasilkan output:
Selamat Pagi
Kode
lengkapnya, silahkan dicoba sendiri:
class BelajarFungsi {
// membuat
fungsi ucapSalam()
static void ucapSalam(){
System.out.println("Selamat
Pagi");
}
// membuat
fungsi main()
public static
void main(String[] args){
//
memanggil/eksekusi fungsi ucapSalam()
ucapSalam();
}
}
Fungsi dengan Parameter
Parameter
adalah variabel yang menampung nilai untuk diproses di dalam fungsi. Parameter
berperan sebagai input untuk fungsi.
Struktur
dasarnya seperti ini:
static TipeData namaFungsi(TipeData
namaParameter, TipeData namaParameterLain){
// kode fungsi
}
Penjelasan:
- Parameter ditulis di antara tanda kurung (...);
- Parameter harus diberikan tipe data;
- Bila terdapat lebih dari satu parameter, maka dipisah dengan tanda koma.
Contoh
fungsi yang memiliki parameter:
static void ucapin(String ucapan){
System.out.println(ucapan);
}
Pada contoh
tersebut, kita membuat parameter bernama ucapan dengan tipe String. Sehingga
kita bisa menggunakan variabel ucapan di dalam fungsi.
Cara
pemanggilan fungsi yang memiliki parameter:
ucapin("Hallo!");
ucapin("Selamat datang di
pemrograman Java");
ucapin("Saya kira ini bagian
terakhir");
ucapin("Sampai jumpa lagi,
ya!");
Hasil
outputnya:
Hallo!
Selamat datang di pemrograman Java
Saya kira ini bagian terakhir
Sampai jumpa lagi, ya!
Fungsi yang Mengembalikan Nilai
Setelah
fungsi memproses data yang diinputkan melalui parameter, selanjutnya fungsi
harus mengembalikan nilai agar dapat diolah pada proses berikutnya.
Pengembalian
nilai pada fungsi menggunakan kata kunci return.
Contoh:
static int luasPersegi(int sisi){
int luas = sisi * sisi;
return luas;
}
Pada contoh
tersebut, kita membuat sebuah parameter bernama sisi. Kemudian fungsi akan
mengembalikan nilai dengan tipe int (integer) dari variabel luas.
Contoh
pemanggilanya:
System.out.println("Luas
Persegi dengan panjang sisi 5 adalah " + luasPersegi(5));
Hasil
Output:
Luas Persegi dengan panjang sisi 5
adalah 25
Pemanggilan Fungsi di Fungsi Lain
Fungsi-fungsi
dapat saling memanggil untuk memproses data.
Contoh,
sebuah program Kalkulator Bangun Ruang memiliki fungsi-fungsi: luasPersegi(), luasPersegiPanjang(),
luasSegitiga(), luasBalok(), luasKubus() dsb.
Fungsi-fungsi
tersebut dapat saling membantu, contoh fungsi luasKubus() membutuhkan fungsi luasPersegi().
Rumus:
Luas Kubus = 6 * luasPersegi;
Luas Persegi = sisi * sisi;
Maka
programnya bisa dibuat seperti ini:
public class BangunRuang {
public static void main(String[] args) {
int s = 12;
int luas = luasKubus(s);
System.out.println(luas);
}
// membuat fungsi luasPersegi()
static int luasPersegi(int sisi){
return sisi * sisi;
}
// membuat fungsi luasKubus()
static int luasKubus(int sisi){
// memanggil fungsi luasPersegi
return 6 * luasPersegi(sisi);
}
}
Hasil output
864
Fungsi Static dan Non-Static
Pada
contoh-contoh diatas, kita menggunakan kata kunci static sebelum membuat
fungsi.
Kata kunci static
akan membuat fungsi dapat dieksekusi langsung, tanpa harus membuat instansiasi
objek dari class.
Contoh:
public class FungsiStatic {
// Fungsi non-static
void makan(String makanan){
System.out.println("Hi!");
System.out.println("Saya sedang
makan " + makanan);
}
// fungsi static
static void minum(String minuman){
System.out.println("Saya sedang
minum " + minuman);
}
// fungsi main
public static void main(String[] args) {
// pemanggilan fungsi static
minum("Kopi");
// mambuat instansiasi objek saya dari
class FungsiStatic
FungsiStatic saya = new FungsiStatic();
// pemanggilan fungsi non-static
saya.makan("Nasi Goreng");
}
}
Pada contoh
tersebut, fungsi makan() adalah fungsi non-static. Sedangkan fungsi minum()
adalah fungsi static.
Hasil output
dari program di atas:
Saya sedang minum Kopi
Hi!
Saya sedang makan Nasi Goreng
CONTOH PEMOGRAMAN PADA JAVA PADA NOTPAD
MELALUI CMD YANG SUDAH DI SETING PATHNYA
SCRIPT :
import java.io.*;
public class
balok{
public static
void main (String [] args) throws IOException{
String
nama,NIM,kelas;
BufferedReader
buka = new
BufferedReader
(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("masukan
nama Anda :");
nama = buka.readLine();
System.out.print("masukan
NIM Anda :");
NIM =
buka.readLine();
System.out.print("masukan
Kelas Anda :");
kelas =
buka.readLine();
System.out.println("Nama
:"+nama);
System.out.println("Nama
:"+nama);
System.out.println("NIM
:"+NIM);
System.out.print("Kelas:"+kelas);
}}
|
.
OUTPUT :
SUMBER :
-- https://www.petanikode.com/java-prosedur-dan-fungsi/
– https://id.wikipedia.org/wiki/Java
– http://prita.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28624/Pengenalan+Java.pdf
– https://docs.google.com/document/d/1QvraAjaGRM DqhoMZi0Qf8D4kQsc4yhLtTw1WuYymwE/edit?hl=en_US
– https://id.wikipedia.org/wiki/Java
– http://prita.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28624/Pengenalan+Java.pdf
– https://docs.google.com/document/d/1QvraAjaGRM DqhoMZi0Qf8D4kQsc4yhLtTw1WuYymwE/edit?hl=en_US
Komentar
Posting Komentar